//
you're reading...
KSI, lecture notes

Fungsional Sistem Informasi

Konsep sistem informasi yang akan di share postingan kali ini adalah klasifikasi sistem informasi berdasarkan fungsional atau area fungsional. Sistem informasi ini dibutuhkan oleh kelompok tertentu bagian perusahaan.

Sistem informasi ini dapat dibagi menjadi :

  • Sistem Informasi Akuntansi (accounting information system)
  • Sistem Informasi Keuangan (finance information system)
  • Sistem Informasi Manufaktur (manufacturing / production information system)
  • Sistem Informasi Pemasaran (marketing information system)
  • Sistem Informasi SDM (human resources information system).
  1. Sistem Informasi Akuntansi(accounting information system)

Sistem informasi yang menyediakan informasi yang berguna dan dipakai oleh departement atau bagian akuntansi. Sistem ini mencakup semua transaksi dengan keuangan dalam perusahaan. SIA terdiri dari beberapa subsistem yaitu:

  1. Sistem Pemrosessan Transaksi (TPS) mengandung operasi bisnis harian melalui berbagai dokumen serta pesan  untuk pera pengguna di seluruh perusahaan. Penting untuk keseluruhan fungsi  dari sistem informasi karena melakukan konversi kegiatan ekonomi kedalam transaksi keuangan, mencatat berbagai transaksi keuangan kedalam catatan akuntansi, mendistribusikan informasi keuangan yang penting untuk operasional dan yang bersangkutan.
  2. Sistem Buku Besar / Laporan keuangan menghasilkan laporan keuangan seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengambilan pajak sebagainya.
  3. Management reporting system menyediakan pihak manajemen internal  berbagai laporan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan misal laporan pertanggungjawaban.

Contoh gambar lingkup sistem akuntansi

Uraian lingkup sistem akuntansi

Penjelasannya :

  • Pemrosesan pesanan penjualan : subsistem yang  menangani order dari pelanggan.
  • Pemrosesan sediaan : subsistem yang menangani perubahan dalam sediaan dan memberikan informasi pengiriman dan pemesanan kembali.
  • Buku besar : subsistem yang mengkonsolidasikan  data dari sistem akuntansi yang lain dan menghasilkan pernyataan-pernyataan dan laporan bisnis yang bersifat periodik.
  • Piutang dagang : subsistem yang mencatat piutang pelanggan dan menghasilkan faktur, pernyataan pelanggan bulanan, serta laporan manajemen kredit.
  • Utang dagang : subsistem yang mencatat pembelian dan pembayaran utang kepada pemasok, dan menghasilkan laporan manajemen kas.
  • Pembayaran gaji : subsistem yang menangani penggajian, termasuk jam kerja dan bukti pembayaran, serta menghasilkan laporan yang terkait dengan penggajian.

2. Sistem Informasi Keuangan (finance information system)

Sistem informasi yang menyediakan fungsi keuangan yang menyangkut keuangan perusahaan. Contoh : cashflow , informasi pembayaran.

SI ini digunakan untuk mendukung manajer keuangan dalam mengambil keputusan persoalan keuangan dan pengalokasian serta pengendalian sumber daya keuangan dalam perusahaan.

Model sistem informasi keuangan

Uraiannya sebagai berikut

  • Subsistem intelijen keuangan berfungsi untuk mengidentifikasi sumber-sumber keuangan eksternal yang dapat menambah dana bagi perusahaan.
  • Subsistem audit internal berfungsi untuk menangani hasil-hasil audit secara internal.
  • Subsistem pemrosesan transaksi berupa sistem informasi akuntansi yang menghasilkan data-data keuangan.
  • Subsistem peramalan dan perencanaan keuangan berfungsi melakukan evaluasi terhadap kinerja keuangan saat ini dan terproyeksi dalam bisnis, membantu menentukan kebutuhan pendanaan dalam bisnis dan analisa metode-metode alternatif pendanaan.
  • Subsistem manajemen dana berguna untuk  membantu pengelolaan aset.
  • Subsistem pengendalian keuangan berfungsi untuk melakukan evaluasi keuangan dan dampak keuangan terhadap pengeluaran modal yang diajukan.
  1. 3. Sistem Informasi Manufaktur(manufacturing information system)


SI yang bisa integrasi dengan SI lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan mmasalah yang berhubungan dengan produk atau jasa yang dihasilkan. Contoh: raw material, vendor baru, schedulling.

Beberapa yang perlu diperhatikan dalam SI Manufaktur

  • ROP (reorder point), yakni suatu sistem yang mendasarkan keputusan pembelian berdasarkan titik pemesanan kembali (reorder point). Merupakan sistem ifnormasi manufaktur yang paling sederhana
  • MRP (meterial requirements planning), yakni suatu sistem yang dapat dipakai untuk merencanakan kebutuhan berbagai bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi
  • MRP II (material resource planning), yakni suatu sistem yang memadukan MRP dengan penjadwalan produksi dan operasi pada bengkel kerja (shop floor operation). Sistem ini tidak mengontrol mesin dalam bengkel kerja, melainkan sistem informasi ini hanya mencoba memperkecil sediaan dan memperkerjakan mesin secara efektif.
  • JIT (Just-in-time), yakni suatu pendekatan yang menjaga arus bahan baku melalui pabrik agar selalu dalam keadaan minimum dengan mengatur bahan baku tiba di bengkel kerja pada saat diperlukan atau “tepat pada waktunya” (just in time).
  • CIM (computer integrated manufacturing) merupakan suatu sistem yang menggabungkan berbagai teknik untuk menciptakan proses manufaktur yang luwes, cepat, dan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi secara efisien.

Model lingkup SI Manufaktur

Implementasi CIM

  • Menyederhanakan proses produksi, perancangan produk, organisasi pabrik
  • Mengotomasikan proses-proses produksi dan fungsi-fungsi bisnisnya
  • Mengintegrasikan seluru proses produksi dan pendukungnya.

Gambar implementasi CIM

CIM menggabungkan sistem produksi fisik (seperti robotika, CAM, kontrol mesin) dengan sistem informasi berbasis komputer

4. Sistem Informasi Pemasaran(marketing information system) Suatu Sistem Informasi yang berkesinambungan dan saling berinteraksi dari orang-orang,peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan,mensortir,menganalisis,mengevaluasi dan mendistribusikan informasi yang dibutuhkan, secara tepat waktu, dan akurat kepada pengambil keputusan dalam bidang pemasaran.

Misalnya: ringkasan penjualan

Mendukung keputusan dengan marketing mix: produk, tempat, promosi dan harga.

Model sistem informasi pemasaran

5. Sistem Informasi SDM (human resource information system) Sistem informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh middle management. Misalnya: informasi gaji, ringkasan pajak, tunjangan-tunjangan, kinerja pegawai. Atau SI SDM biasa disebut

  • HRIS (Human Resource Information)
  • HRMIS (Human Resource Management Information System)
  • HRMS (Human Resource Management System)

Model SI SDM

sumber:

Ihsan jatnika, jenis sistem informasi.pptx diakses tgl 27.09.2012

About these ads

About nisabrook

comics addict, doesnt love coding but me interest about foods

Diskusi

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Twitter

Blog Stats

  • 506 hits

Komunitas

Blog yang Saya Ikuti

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: